19 February 2011

Permainan Kasti (Maing Kasti Ala Sambas / Maing Baddab)

Kasti
Dak jelas juak asal usolnye permainan kasti tok e. Yang jalas kasti udah kamek maingkan dari gek balom sekolah. Kasti versi kamek sangat sederhane. Bolanye bukan dari bola tenis (kasti jaman kinito'k) Bola Kasti kamek bise molah sorang (permainan rakyat=permainan gratis=murah meriah) Walaupun menurut teori dan ahli bahase bola iye harus bulat tapi bola kasti kame'k bise berbentuk segi empat maklum terbuat dari anyaman daun kelapa, heee. Maing kasti versi kame'k biase juak disebut "maing baddab" (melempar bola kena sasaran = baddab) Pade dasarnye maing kasti adalah mainan anak-anak cewek, biasenye anak cowok umur 10th+ yang ikut maing kasti digalarek bencong.

Peraturan maing kasti kame'k sangat sederhane yaitu:
1. Sejumlah anak dibagi menjadi dua regu secara seimbang, jika jumlah anak ganjil maka 1 orang menjadi "anak bawang" (pemain pengganti istimewa) yang bisa masuk regu A atau regu B . Anak bawang biasanya anak yang paling besar/paling pandai mainnya dan selalu membela pihak yang kalah (agar permainan jadi seimbang ^_^). Bahkan sering menjadi pemain tetap regu yang kalah, jadi regu yang kalah bisa lebih banyak jumlah pemainnya. Pembagian regu biasanya bukan berdasarkan geng atau teman sepermainan tapi diacak dengan cara pimpa/osom (tah ape ke bahase Indonesianye ye). Dua orang yang sepadan (seumuran) pimpa, begitu juga dengan dua anak yang lainnya. Yang menang pimpa satu regu dengan anak yang menang pimpa yang lainnya dan menjadi regu yang menguasai bola atau regu pemain. Anak yang kalah pimpa satu regu dengan anak yang kalah pimpa yang lain dan menjadi regu bertahan / jaga) . catatan: dalam pertandingan resmi permainan kasti tiap regu sudah ditentukan jumlah pemainnyayaitu 12 orang dan tidak ada pemain pengganti.

2. Tugas regu yang menguasai bola atau regu pemain (disini kita sebut saja regu A) adalah giliran satu persatu menappak (memukul) bola menggunakan tangan terus berlari dan menyelamakan diri menuju titik aman. Dalam ritual memukul bola ini dilakukan oleh satu orang pemain kemudian dilanjutkan dengan pemain seterusnya secara bergiliran, dalam pertandingan resmi nomor urut punggung  merupakan nomor urut nappak bola dalam regu pemain.  Sedangkan tugas regu yang ngallaw (jaga) adalah menagkap bola dan membidik anak yang berlari sebelum berada di titik aman. Setelah regu A menappak bola ke arah regu B maka regu B  adalah pihak yang menguasai bola, seluruh pemain regu A tidak boleh lagi memegang bola sebelum regu B menyerahkan bola tersebut ke tempat  start (tempat memukul / nappak bola). catatan : dalam pertandingan resmi menappak bola menggunakan kayu pemukul sebab bola yang digunakan adalah bola tenis lapangan.
3. Jika bidikan tersebut mengenai anak regu A "istilahnye kena baddab" yaitu mengenai anak dari pemain regu A yang tidak berada dalam titik aman / anak yang berlari sebelum sampai di titik aman, maka saat itu juga diltentukan pertukaran antara regu pemain dan regu bertahan. (catatan:Lemparan yang mengenai kepala tidak diperbolehkan)
4. REGU A : Dalam perpindahan tempat berlari menuju titik aman selanjutnya atau kembali ke tiitik start (tempat memukul bola) pemain regu A harus menunggu saat teman seregu nappak bola yaitu saat peralihan bola  mejadi dikuasai pihak regu B. Jika bola sudah di berikan/diserahkan oleh regu B ke regu A di titik start akan tetapi ada pemain dari regu A yang nekat berlari menuju titik aman selanjutnya atau titik start maka regu A kena penalti dan menjadi regu yang jaga. Akan tetapi hal ini tidak berlaku jika terjadi kesalah pahaman tanpa ada unsur kesengajaan.
5. REGU B : Jika salah satu teman seregu berhasil membaddab pemain lawan, maka seluruh pemain regu B harus menuju titik aman dan tidak boleh memegang bola (bola menjadi hak regu A) dan tugas regu A adalah membaddab pemain regu B yang belum berada di titik aman.
6. Dalam menappak/memukul bola diperboehkan kearah mana saja asal tidak keluar dari garis lapangan yang telah ditentukan sesuai kesepakatan (biasanya berbentuk persegi panjang). Jika bola keluar lapangan istilahnye "bola mati" maka pemain regu A yang betugas memukul bola tadi kena penalti dan lansung menuju titik aman pertama dan teman seregu lain yang sudah berada di titik aman pertama/kedua tidak boleh menuju titik aman selanjutnya. Sedangkan pemain yang tidak berhasil menappak bola di izinkan mengulanginya sampai 3 kali (sesuai kesepakatan) jika belum berhasil juga maka di vonis bola mati juga.
7. Jika pemain regu A tinggal 1 orang di titik start (pemain regu A lainnya masih berada di titik aman pertama/kedua) maka pemain regu A tersebut berhak memukul bola 2 kali (termasuk bola mati) Jika pemain regu A sudah habis (tidak ada lagi di titik start yang bertugas memukul bola) maka seluruh pemain regu A harus kembali ke titik start dari titik aman kedua dengan melewati dua orang pemain regu B yang mengoper-ngoper bola antara satu dengan yang lainnya dan tentunya siap membaddab pemain regu A yang melewatinya. catatan: dalam keadaan ini pemain regu A tidak boleh menyelamatkan diri lewat belakang/jalur lain dari 2 orang regu B yang bertugas mengoper bola tersebut.
8. Seorang regu yang jaga / regu B tidak diizinkan memegang bola teralu lama apalagi sampai bernafsu mengejar dan membaddab pemain regu A. Kasti adalah permainan tim, kerjasama sangat penting. Bola harus di oper / dibagiakan ke teman seregu, jika bola dipengang seorang pemain regu B melebihi batas yang ditentukan (biasanya sekitar 1 menit / sesuai kesepakatan) bola harus segera di oper atau menyentuh tanah baru boleh di baddabkan. Jika tidak maka baddaban yang mengenai regu A dianggap tidak sah.

Titik Aman dalam permainan kasti ini ditandai dengan tongkat kayu panjang yang tepancang dan dibagi dua titik yaitu titik aman dekat/titik aman pertama (cumbo'k dekat) dan titik aman jauh/titik aman kedua (cumbo'k jauh). Jadi setelah seorang anak dari regu A memukul bola, anak tersebut harus menuju titik aman (terserah pilih yang mana) dengan cara memegang atau menyentuh tongkat yang terpancang di titik aman tersebut. Titik start adalah bagian dari titik aman dan tempat memuku bola. Jadi dalam permainan kasti ini pada dasarnya hanya menappak bola terus berlari menuju titik aman sampai titik start dan memukul bola lagi tetapi dengan menghindari baddaban dari pemain lawan tentunya.

Memukul bola sejauh mungkin atau ke arah yang sulit terjangkau regu yang jaga adalah adalah keterampilan yang harus dimiliki regu yang menguasai bola agar selamat menuju titik aman . Hal ini dimaksudkan agar pemain dapat mengurangi ancaman kena lemparan bola dari regu yang jaga. Berelak (Aksi mengindari lemparan bola) juga skill yang penting saat darurat, tidak heran jika seorang yang pandai berelak susah sekali dibaddab walaupun cuma berjarak 1m dari pihak yang melempar bola tersebut.

Skill yang harus dimiiki regu yang jaga adalah menyambut/menagkap bola dan mengoper bola. Bola sebisa mungkin harus segera di oper ke sesama teman seregu yang paling mendekati dengan pemain regu A yang  belum berada di titik aman. Skill melempar tepat sasaran/membaddab (bahasa sambasnye penekar) juga sangat perlu sebab disinilah kunci permainan. Penentu peralihan antaara regu jaga menjadi regu pemain adalah lemparan yang mengenai sasaran. Jika lemparan meleset maka pemain regu lawan akan semakin banyak yang menyelamatkan diri menuju titik aman hingga titik start. Hal ini dimungkinkan karena bola jauh dari penguasaan regu jaga karena lemparan yang meleset tadi.

Kalah menang dalam permainan kasti ditandai dengan regu mana yang lebih lama jaga. Jika suatu regu jaga terus sampai permainan terasa bosan dan bubar maka regu yang jaga terus tersebut dapat ejekan "paddak" (paddak adalah udang ebi segar yang diawetkan sampai membusuk)

Dalam pertandingan resmi (pertantingan kasti 17an/antar kampung/antar sekolah) kalah menang regu dihitung dalam jumlah point. Poin didapatkan setelah pemukul bola regu pertama selamat kembai ke titik start.
- Pukulan bola mati mendapat point 0
- Pukulan bola bagus (istiahnye bola idup) dan pemukul/pemain pernah berada di titik aman pertama poinnya 1/2
- Pukuan bola bagus terus pemain menuju titik aman kedua, seteah selamat ketitik start mendapat point 1
- Pukulan bola bagus terus pemain berlari menuju titik aman kedua dan selamat kembai ke titik start mendapat point 2. (catatan: pemain selanjutnya belum memukul bola)

 Gambar lapangan permainan kasti.
Keterangan gambar :
titk a = titik aman pertama / cumbo'k dekat
titik b = titik aman kedua / cumbo'k jauh
kotak 1 = tempat nappak (memukul bola) atau mengoper bola untuk di tappak pada pertandingan resmi
kotak 2 = tempat nappak untuk pemain yang kidal
garis titik-titik = ambang batas titik start, titik aman pertama dan titik aman kedua

Yeah mungkin segeye jak lah ringkasnye permainan kasti kame'k. Saye yakin seluruh Sambas mengenal permainan ito'k. Mungkin versi dan peratorannye jak yang sikkil belaingan. Mun gek kaccik lok karrap inyan maing kasti (seumuran SD kebawah tantunye) maklom dak maok digadohkan bencong.. hahhaaaa

Tiap lomba 17an pasti ade pertandingan kasti ye, antar SD, antar kampong, antar RT sampai tingkat kecamatan dan kabupaten. Tapi kinitok tang payah lalu nak jumpe pemainan itok agek. Biak kaccik dak suah agek maingkannye, pertandingan kasti antar SD dak suah agek kedanggaran. Acare 17an pun udah payah jumpe. Ayap tok e, bise punah yak kebudayaan kitte. Padahal gek dolok kasti ye permainan Favorit remaja putri dan ibu-ibu saat 17an.

Sempat dengar juak sih katenye kasti tok permainan yang berbaye, sebab pakai baddab. Mun kannak baddab e saddang juak dih sakitnye yak. Peagek pakai bola kasti inyan (bola tenis) bedogeng be mun kena baddab e... Tapi saye piker untok cewek tau ibu-ibu dak juak terlalu bahaye be kali. Dak juak kuat be kali tenage cewek e, inyan pun urang laki tadek,,,"bedogeng euyy" mungkin iye juak sebabnye anak cow yang udah besunat kena gadohkan bencong mun maseh maing kasti, heeee... bukan bencongnye tapi bohoyenye,,,,

Dolok kamek yang carrat kan bola kasti singinyan e (bola tenis) sampai nureh gattah pak ullak. Karringkan di daon gattah dan daon pissang barrok di gulingkan kelambong atau bola kasti dari daon kelapa'. 4-5 ari juak molahnye baro'k jadi. tapi kebanyakan kaba'k. hehee.
Serrunye kasti tok e meliat tingkah menunjokkan keahliannye berelak dari kena baddab. Sampai dah tetungging-tungging, melantong-lantong, becaccakpun harus pakai rem cakram. hahahaaa
mun yang bedogeng kannak baddab e suke inyan nawakkannnye, yang dak tahan sakit e sampai nangis,,,,,, mun nyussok bawah rumah / bawah sekoah e dah biase nyarek bola kastinye, maklom ade yang dak penekar maddab.

hah,,,, KASTI........KASTI....... usah lah kau sampai nak ilang dari peradaban


Related Posts

Comments
4 Comments

4 comments:

jeka praharja said...

mantap nyan

Anonymous said...

yang maing sembakar ye cammane ie,,,sorang yang nappak kakye seribu urang yang becaccak ke tombok....langsong maing baddap ye?

BUNK YOEN said...

aok ie,,, tang ase lupa-lupa ingat juak dengan maingan iye eeee,,, manelah biak kinitok sek lalu yang tekannang nak maenkannye yee

Gho Soe said...

izin copas, buat makalah mulok. blognye ngingatkan cerite gek kacik

Passan Pala' Kesah

Awalnya blog ini dibuat hanya iseng untuk mendokumentasikan dan mengumpulkkan khazanah tanah kelahiran yang hampir terlupakan generasi muda. Berawal dari postingan permainan rakyat dan kamus mini bahasa Melayu Sambas, admin terus memperbaiki SEO dan postingan dan berupaya memenuhi apa yang diinginkan pembaca blog ini. Setelah di analisa, ternyata kebanyakan pengunjung blog ini mencari tentang sejarah kelam Sambas 1999.

Inginya blog ini difokuskan untuk sejarah, budaya dan segala sesuatu yang terkait dengan tanah kelahiran, namun pada perjalanannya admin banyak menemukan artikel menarik dan sengaja direpost disini untuk arsip pribadi. Sungguh sangat tidak disangka ternyata banyak juga pembaca punya ketertarikan yang sama dengan fenomena akhir zaman yang semakin nyata. Untuk saat ini admin akan fokus pada artikel tentang Dajjal dan Imam Mahdi yang dipastikan sebentar lagi akan tiba. Apabila pembaca menemukan artikel yang menarik haraplah berikan hujatan, celaan atau komentarnya...^_^

Jika ada yang tertarik untuk menjadi penulis di blog ini, atau tukar link sesama blogger, jangan sungkan-sungkan untuk menghubungi admin

Hariyono Al Kifri